5 Cara Menciptakan Personal Branding Yang Ideal Di Tempat Kerja

Dunia kerja merupakan lingkungan yang kompetitif, karena masing-masing orang memiliki cara dan strategi untuk bisa memberikan kontribusi yang berarti di mata perusahaan. Hal ini tentu akan memiliki pengaruh yang bisa membuat manajemen di tempat kerja kita mempertimbangkan kenaikan posisi dan tentu saja, gaji! Semakin banyak kontribusi yang kita berikan, maka semakin besar pula nilai yang kita berikan, sebanding lurus juga dengan penghasilan yang kita dapatkan.


Nah, untuk mencapai hal itu, maka diperlukan salah satu kemampuan yang disebut Personal Branding. Apakah yang dimaksud dengan Personal Branding? Personal Branding adalah cara kita membentuk karakter dan kepribadian. Artinya jika kita bicara dalam sudut pandang Personal Branding dalam dunia kerja, maka seorang pekerja harus bisa  membuat pencitraan atas dirinya, sehingga perusahaan dan rekan kerja bisa lebih mudah mengenal kita orang yang seperti apa. Nah, beberapa tips dibawah ini bisa membantu kita untuk menciptakan Personal Branding yang ideal di lingkungan kerja. Semoga bermanfaat!


BEKERJA DENGAN HATI

Banyak orang beranggapan bahwa profesionalisme adalah hal yang harus ada dalam setiap diri pekerja dalam sebuah tata kelola manajemen. Tidak salah, hanya saja profesionalisme yang tidak dibarengi dengan ketulusan, justru akan berpotensi memunculkan bibit-bibit permasalahan di kemudian hari. Menurut sebagian pakar yang meneliti tentang perilaku manusia di tempat kerja, profesionalisme yang tidak dibarengi dengan ketulusan, cenderung memunculkan idealisme yang bisa merugikan sebagian atau banyak pihak.


BEKERJA SEBAGAI WUJUD RASA SYUKUR

Rasa syukur identik dengan SQ atau Spiritual Quotient yang artinya merupakan kecerdasan seseorang dalam menerapkan kecerdasan spiritual dalam lingkungan kehidupan pribadi dan sosialnya. Lantas, apa hubungannya dengan dunia kerja? Jadikan pekerjaan yang saat ini kamu lakukan sebagai wujud rasa syukur. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu sudah memprogram dirimu sendiri untuk selalu memberikan kontribusi terbaik di tempat kerjamu. Bukan karena sedang dilihat atasan, bukan karena ingin memenangkan persaingan dengan sesama rekan kerja, bukan untuk berkompetisi, karena dengan memiliki rasa syukur, nilaimu lebih dari itu semua.


NEVER SAY NO

Jangan pernah menolak kesempatan atau peluang, sekalipun kamu merasa tidak bisa untuk melakukannya. Karena percayalah, diluar sana, semesta akan bekerja untuk membantu kamu untuk mewujudkannya. Katakan saja “baik, akan saya coba”, dengan begitu, kamu selalu menjadi pribadi yang terbuka pada setiap kesempatan. Ingat, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri. Artinya ketika kamu menemui kendala atau tantangan untuk naik level, cari caranya atau ciptakan sendiri caranya, alih-alih begitu, toh juga kamu masih bisa mencari seorang sebagai guru atau mentor untuk setiap pencapaian prestasimu.


BERKOMUNIKASILAH DENGAN BAIK

Kita memang tidak bisa menjadi orang yang menyenangkan buat semua orang, meskipun begitu, tetaplah menjadi pribadi yang menyenangkan dengan mempelajari teknik-teknik bergaul dan berkomunikasi yang baik. Lebih banyak mendengar, berempati dan menjalin solidaritas kepada sesama rekan kerja, bisa menjadi sekian trik dari sejuta cara yang bisa kamu lakukan di tempat kerja. Selalu menebarkan senyum dan menjadi orang yang siap membantu, tentu bukan ide yang buruk untuk bisa kamu lakukan, sekalipun dengan orang yang bersikap skeptis kepada kita.


MUNCULKAN INISIATIF

Lahirnya sebuah ide berawal dari rasa memiliki. Ketika kita menciptakan diri kita sebagai pekerja yang hanya menerima upah dari apa yang kita kerjakan, maka tentu kita tidak memiliki pembeda dengan yang lain. Jadilah pribadi yang gemar memperbarui cakrawala informasi terhadap perkembangan yang berhubungan dengan dunia kerja yang sedang kita geluti. Menjadi pribadi yang aktif tentu lebih disukai ketimbang menjadi pribadi yang pasif, berbicaralah tentang ide, gagasan dan inovasi yang membangun dan bisa memberikan motivasi untuk diri sendiri, teman sekerja dan laju peningkatan perusahaan di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *